Jenis Hijab Trend dan Cara Memilihnya

Hijab merupakan salah satu hal yang digunakan untuk menutupi aurat bagian kepala, khususnya rambut. Kini banyak sekali wanita yang berhijrah dan berusaha mengenakan hijab. Perlu diketahui bahwa memilih hijab sebenarnya tidaklah sulit, apabila sudah mengetahuinya. Tidak perlu khawatir jika ingin mengenakan hijab, karena kini sudah cukup banyak model hijab yang berkembang dan bisa dipilih. Dengan demikian, meskipun berhijab maka akan tetap bisa tampil cantik dan menarik.

4 Tips Memilih Hijab Syar’i

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih hijab syar’i.

  • Tidak transparan dan menutup aurat

Ketika memilih hijab, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan fungsi dari hijab itu sendiri, yaitu untuk menutup aurat, terutama rambut dan bagian leher. Meskipun belum mampu menggunakan hijab yang lebar, maka usahakan memilih hijab yang menutup aurat, yakni tidak transparan. Dengan demikian setidaknya sudah mampu menutupi aurat dengan baik. Sebaiknya, ketika akan membeli hijab, cobalah terlebih dahulu.

  • Menyesuaikan bentuk wajah

Bentuk wajah juga sangat penting untuk diperhatikan ketika memilih hijab. Apabila memiliki bentuk wajah oval, maka hampir semua model hijab cocok untuk dikenakan. Namun ketika memiliki bentuk wajah panjang atau lonjong, usahakan mengenakan ciput dalam. Sementara jika bentuk wajah kotak, hijab bulat akan lebih tepat. Sementara untuk yang memiliki dahi lebar, hijab yang memakai inner sangat cocok dipilih.

  • Menyesuaikan warna kulit

Jika memiliki warna kulit terang, maka semua warna hijab sangat cocok digunakan, tetapi usahakan untuk menghindari warna putih supaya tidak terlihat pucat. Sementara jika warna kulit sawo matang, warna gelap merupakan pilihan yang sangat tepat, misalnya adalah merah maroon, biru tua, hitam, ungu, cokelat tua, dan lain sebagainya. Jika memiliki warna kulit gelap, usahakan mengenakan hijab yang berwarna lembut sehingga wajah akan terlihat lebih cerah.

  • Memilih bahan yang tepat

Apabila menghadiri acara santai, maka hijab katun dan kaos sangat cocok digunakan, karena mampu menyerap keringat. Anda juga bisa memilih hijab dengan bahan sifon karena tipis, mengembang, dan sifatnya lebih ringan. Namun dikarenakan bahan ini tipis, lebih baik mengenakan ciput supaya rambut tidak terlihat. Jika menghadiri acara mewah, maka hijab bahan satin adalah bahan tepat yang bisa digunakan.

Model Hijab yang Berkembang Popular

Adapun beberapa model hijab yang popular dan berada di pasaran antara lain adalah sebagai berikut.

  • Hijab segi empat biasa

Hijab segi empat ini merupakan model hijab yang sudah ada sejak dahulu dan masih tetap bertahan hingga saat ini. Untuk ukurannya tentu berbeda-beda, yakni ada yang berukuran sedang, dan ada pula yang lebar. Hijab segi empat identic dengan modelnya yang sangat simple dan cocok dikenakan untuk bepergian, bahkan ketika menghadiri acara pesta sekalipun. Akan tetapi, harus dimodifikasi sehingga akan terlihat lebih menarik.

  • Hijab pashmina segi empat

Beberapa waktu terakhir ini, hijab pashmina menjadi sangat popular dan banyak diminati. Sebenarnya model ini sudah ada sejak dahulu, akan tetapi mulai diminati di beberapa tahun terakhir ini. Pasalnya, hijab pashmina sangat cocok digunakan oleh kalangan muda yang ingin tampil stylish dan modis. Hijab ini sangat cocok dikenakan untuk hangout dengan teman-teman, bahkan banyak juga yang mengenakannya untuk pergi ke kampus. Bisa dikatakan bahwa model hijab pashmina ini merupakan hijab terpopular.

  • Hijab instan

Ada cukup banyak hijab instan yang mudah ditemukan dengan berbagai tipe. Ada hijab instan biasa yang dipakai di rumahan atau untuk pergi ke pasar maupun keluar rumah jarak dekat. Ada pula model lebar yang banyak dikenakan oleh muslimah syar’i. Selain itu juga ada hijab instan pashmina yang cocok untuk bepergian. Hijab ini memiliki mode yang keren dan simpel tentunya.